In Widgostory

Bukber Plan


Assalamu’alaikum Warrahmatullah Wabarokatuh?
Allo?

“Gaes? Bukber yuk?!” ialah tema percakapan yang mulai rame (read: riweuh!) sebelum mulai bulan ramadhan. Gue mengalami hal tersebut dari tahun ke tahun dan seringkali itu hanya wacana yang sampe lebaran masih dibahas. Ya walau ada beberapa yang biasanya terlaksana, padahal tanpa ada rencana.

Mm, tapi setelah beberapa tahun ini gue ngerasain hal yang beda, mulai B aja sama yang namanya bukber. Lah wong 3 taun bukber terus neng ruang makan kampus! hihi. Dan gue bersyukur karena mulai tak tergoda dengan giuran bukber. Emang ya bisa ketebak dah, terlalu banyak menjunjung nilai silaturahmi tapi seolah lupa syarat kalau itu malah buat dosa. Kalian tahu “khalwat atau berkhalwat?” iya, dua-duaan yang ketiganya setan. Nah itu yang berdua aja dihitungnya jadi tiga didampingi satu setan. Apa lagi yang rame-rame hiks.

“Ikhtilat” artinya percampuran. Nah ini nih, yang rame di envirohment kita, sering banget nggak kita sadari loh ya. Karena kurangnya ilmu dan godaan setan, kita terkadang kita terhasut oleh hal-hal yang udah dianggap biasa, padahal lebih banyak mudharat ketimbang manfaat. Astagfirullah...

Hal ini yang jadi alasan (fact) kenapa gue biasanya nolak (sorry) kalau diajak bukber. Sebelumnya gue pastiin emang, susunan acara plus temanya ngapain, bareng siapa, tempat dan terutama waktunya. Misal kalau emang acaranya cuma SMP (Sesudah Makan Pulang) ya mending gak ikutan. Bersyukur dan sabar ekstra kalau ikut jadi panitia, bisa langsung ngasih saran buat susunan acaranya. Dan kalau tetep riweuh, kudu ikhlas ambeh jadi ladang rezeki.

Alhamdulillah dari keresahan ini gue coba buat bukber plan. Bukber yang gak cuma SMP dan jadi ajang setan rame-rame ikut bukber (nambah riweuh wae yeuh setan!). Insyaa Allah ini bisa bermanfaat.

Pertama, susunan acara dan tema. Yap, beneran deh, kalau bukber tuh cuma dateng, ngobrol, buka puasa, makan terus pulang itu mendingan buka di rumah bareng orang-orang terkasih. Sebagai alternatif kita bisa, coba bukber sambil ajak anak yatim-piatu, orang yang kurang mampu biar kita makin bersyukur. Ditambah kalau acara bisa mulai dari shalat ashar berjamaah, dilanjutkan dzikir sore wuih Mantap! Selain itu bisa juga dengan bagi-bagi takjil, bagi sembako atau bahkan kalau mau lebih gampang juga bisa dengan langsung aja kita sediakan nasi box + takjil buat orang-orang yang beribadah di Masjid. Dengan demikian, kita cuma tinggal infaq buat dananya, ingat hadist “Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun”. Masyaa Allah.

“Lah itu mah ya bukan bukber!” Ya tetep bukber atuh, Bukberin orang shaleh-shaleha sayang *ting. Jangan lupa juga susunan setelah acara makan juga harus ada, kan bisa tambahin shalat jamaah isya dan tarawih. Jangan sampai bablas, sayang. (yah, sayang lagi, jadi tambah sayang wkwk).

Kedua, bareng siapa bukbernya. Nah ini nih, yang biasa terjadi mah ikhtilat (bareng siapa aja, kemana aja, terus nyampur sama setan-setannya ikut nyampur. Eh serem juga yak?!). Nauzubillah.  Biasanya gue bakal tanya, kalau misal bukber kelas atau angkatan gitu walaupun campur, ada pembatas gak? Si mantan ikut gak? (*eh, gubrak! Wkwk). Ya tetep lah, kudu dipisah (kudu = harus) sekalian jaga pandangan dan biar gak salah fokus. Kan makannya jadi nikmat. Terus yang diobrolin juga harus berfaedah yah. Jangan baru ketemuan setelah sekian lama, basa-basinya malah body shamming atau malah lebih parah sex harrashment. Beneran deh, basi banget. Ketahuan lah orang yang omongannya berbobot baik. Dan jangan ghibah ya, kalau gue lebih suka bahas topik tentang nikmat Allah dan problematika hidup secara umum.

Satu lagi, ponsel di silent, dikumpulin di tengah.

            Ketiga, tempat. Ini nih yang kadang seleranya beda-beda, mau makanan inilah-itulah. Asa kalau dipikir mending bawa bekel masing-masing terus tinggal dimakan bareng wkwk. Tempat jadi hal yang penting dan harus dipertimbangkan banget. Apakah tempatnya di rumah makan, biar simple dan tinggal pesen. Kalau iya jangan lupa “booking” tempat yah (Urusan panitia nih). Walaupun simple tapi juga harus dipikirin itu ya tempat shalatnya, memadai atau tidak. Sekiranya bisa tetap menjalankan ibadah wajib gak, jangan sampai lupa ini. Apalagi kalau yang ikut banyak, kan gantiannya itu nguras waktu lama.

            Keempat, waktu. Penyusunan waktu juga penting agar target bukber terlaksana dengan baik.  Bukan cuma waktu di hari pelaksanaan aja loh, bisa banget dari sebelum ramadhan buat target. Kalau misal kelas atau angkatan mau ngadain bukber. Semua yang menyangkut kegiatan bukber harus ditarget, misal awal sebelum ramadhan cek siapa aja yang mau ikut. Selanjutnya cek tempat, menu dan lain sebagainya. Biar apa? Ya biar nanti gak cuma wacana, rencana itu kudu bener-bener mateng.

Ya gue sih kurang setuju kalau ada orang yang bilang, “Udah, bukber mah gak usah direncanain, nanti malah gagal”. Dan gak cuma buat bukber aja ya. Kalau pendapat gue mah, kalau suatu rencana gagal, berarti memang perencanaannya belum matang. Setiap rencana kan harus ada back up-nya. Setelah back up juga ada back up lagi. Misal gagal bukber bulan ramadhan, bisa ganti makan bersama usai lebaran. Kalau gagal lagi ya buat aja bukber plan yang lebih matang untuk acara selanjutnya. Semoga diberikan kesempatan. Aamiin yaa Rabb.

Nah itu bukber plan gue, ada sebenernya tips lain. Tapi coba deh kalian tambahin di kolom komentar ya? Ingat! Biar bukber bisa sesuai dengan syariat tanpa mendatangkan mudharat.

“Nah tapi gini, ditempat gue itu panitianya susah diomongin. Terus gue harus gimana? Ikut aja atau gak usah?” Bismillah, kalau memang sulit, gak usah! Tapi kalau masih bisa diajak diskusi sambil diarahkan ke jalan yang Insyaa Allah benar, why not!? “Setidaknya kau pernah berjuaaaang...” (awas nyanyi loh wk)

Bukber emang bisa jadi ajang kita bersilaturahmi, memperoleh banyak kebaikan. Tapi kita juga harus pilah-pilih, mana yang sekiranya lebih banyak mendatangkan faedah dan  mendekatkan kita dengan-Nya. Semakin banyak orang yang ikut itu gak menjamin keberkah dan kehaqiqian acara. Lebih baik sedikit terus banyak berkah, daripada rame tapi gedumbrang-gedumbreng gak karuan (setannya gedumbrang-gedumbreng-gambreng).

Semangat Lillah!

Dengan Senang Hati Kembali Kasih,
Always be #positive and Salute!
Wassalamu’alaikum Warrahmatullah Wabarokatuh.



***

Related Articles

0 Comment:

Post a Comment

Please comment here, Thanks ^^

Every Day's

Allah Dulu, Allah Lagi, Allah Terus. Always be #positive and Salute! ^^

Translate

Ads Day's