In Indekostory

Hidup Hemat & Sehat



          Setiap orang (kalau lo belum termasuk, sekarang masuk! haha) punya cara yang berbeda-beda untuk ngasih reward ke diri sendiri, untuk apresiasi dirinya sendiri. Ada yang cukup dengan bilang “TERIMA KASIH” secara rutin (daily), tapi ada juga yang kasih reward dengan cara beli jajan, makan-makan, jalan-jalan, liburan, shopping, bahkan tidur nyenyak nan pulas. Kalau lu nanya (padahal enggak haha), Gue sendiri orang yang suka kasih reward ke diri sendiri dengan cara bilang “Terima Kasih” as routine and buy something (biasanya barang, terus via online). Kenapa? (iya tahu, nggak ada yang tanya tapi gue pengin cerita aja! Tolong mengerti) jawabannya karena setidaknya bisa tahan lama & kelihatan mulu/bisa gue pake. Misalnya untuk tahun ini gue dah kasih reward ke diri gue berupa beli beberapa furniture/printilan IKEA (terutama kaya table top yang sekarang gue pake buat kerjaan sehari-hari mulai makan sampai ngerjain tugas, termasuk nulis ini), ada juga totebag LOQI & gantungan tas (ini nih reward buat diri gue karena berhasil merealisasikan resolusi gue untuk Go-Intenational tahun ini), ada juga yang paling baru Jam Tangan (setelah hampir 1 tahun gue gak pake karena yang lama itu rusak, akhirnya YASS Alhamdulillah kebeli juga!), ada juga reward kaya ngecat ulang kamar diawal semester ini juga gue jabanin, JUJUR gue bersyukur & seneng banget!

          Tapi nih ada beberapa alasan yang buat gue perlu waktu untuk akhirnya kasih reward misalnya kaya table top IKEA & jam tangan yang gue dah ceritain tadi, salah satunya karena gue belum punya penghasilan tetap (I mean kaya ada tapi masih sedikit, tapi Alhamdulillah hehe). Jadi untuk gue bisa kasih reward ke diri sendiri, gue putuskan untuk mulai nabung. Gue mulai nabung sejak semester 1 (which is FYI sekarang gue dah semester 3) tepatnya waktu tanggal 11 November 2018, dimana gue ngerasa “eh, hari ini harbolnas tapi kok gak punya duit, tapi kok diskonnya gede-gede” waktu dimana gue pikir itu adalah waktu yang tepat buat kasih reward ke diri sendiri, tapi apa daya karena waktu itu gak ada duit lebih jadi gue gak bisa beli apa-apa buat diri sendiri.

Terus dari mana lu bisa nabung, padahal belum punya penghasilan tetap? Bisa dong! Caranya Ber-HEMAT! Yass! Dari apa yang gue tahu & gue tonton dari video bang Raditya Dika – 15 Tips Ngatur Duit Ala Raditya Dika (ini link video-nya), Bang Radit bilang “Hubungan keuangan pribadi yang sehat adalah untuk tahu bahwa uang masuk harus lebih besar dari pada uang keluar” yang mana kalau sekarang gue belum punya uang masuk, at least gue harus memperkecil/menekan uang keluar (make sense kan? HAHA). Detilnya gue berhemat dengan cara cuma ngeluarin duit 4K alias 4.000 rupiah setiap harinya untuk beli makan (lauk makan, soalnya nasi gue masak sendiri & berasnya itu gue hitung gratis karena gue bawa dari hometown). Jadi selama hampir satu tahun kebelakang, gue konsisten untuk hidup hemat, dimana Rp. 4.000 itu gue pake buat beli lauk makan gue buat satu hari. GOKIL GAK TUH? BHAHAHAHA.    

I know guys/girls, maybe some of you think thatitu mah bukan hemat, itu mah nyiksa diri, gak sehat, & blablablablaa” karena emang pengalaman gue juga pernah beberapa kali cerita akan hal ini ke temen-temen gue dan reaksi mereka ya “wah kok bisa!? / Segitunya VIN! / Itu mah nyiksa diri lo! / Pelit banget Ya Allah sama diri sendiri…”  But FYI again selama ngejalanin (satu tahunan ini) gue masih gak apa-apa dengan itu, terus juga karena gue merasa perlu melakukan itu biar bisa saving money biar bisa beli sesuatu/apalah itu yang gue anggap sebagai reward untuk diri gue sendiri. Terus gue sendiri dengan kesadaran penuh SIAP untuk menjalani kehidupan tersebut at least sampai batas waktu yang tidak ditentukan. YANG MANA gue rasa batas waktu itu cukup sampai sepulangnya gue dari SG awal bulan Oktober tahun ini. Gue mulai ngerasa bosen sama lauk apa yang gue makan. Okelah, untuk seminggu setelah gue pulang dari SG gue enjoy bahkan nikmatin banget makan-makanan tersebut karena pada dasarnya gue kangen VANGET masakan indo. Tapi mulai minggu kedua rasanya semua lauk serba 4K itu rasanya hambar (Sekarang tanpa makan gue bisa ngebayangin gimana rasanya)*.

*Please, ini gak ada maksud untuk menghina makanan yaw, ini pure karena gue dah terlalu sering makan menu yang itu-itu terus. Lagian lauknya emang enak & gue juga selalu rotasi menunya setiap hari.

Yup! Setelah minggu-minggu itu gue mulai masak lauk sendiri setelah sebelumnya cuma masak di hari minggu karena cuma di hari tersebutlah si ibu penjual lauk 4 ribuan nggak jualan (pernah gue tanya kenapa & jawabnya “Hari Minggu itu hari buat anak & keluarganya, jadi libur”). Mulai dari masak yang biasa kaya MASSSSAK AER!!! hahaaha, sampe masak olahan tempe, tahu, telor, mie dan baru nih minggu ini gue coba masak olahan ayam! Hasilnya gimana? Jujur mah ngerasain juga yang namanya masakan gosong karena api kompor kegedean sampai dapur indekost legit hampir kebakaran karena lupa matiin kompor ROTFL. Tapi sekarang-sekarang mah gak lagi ;) ASLI BARU SADAR KALAU MASAKAN SENDIRI TUH EMANG BISA ENAK VANGET~

Sekarang gue lagi seneng-senengnya nih makan masakan sendiri, karena sekarang kan resep gampang dicari, remake beberapa menu source from Youtube juga bisa banget (Special Thanks to Willgoz Kitchen). Terlebih sebenernya yang buat gue bersyukur banget adalah ibu kost gak pernah complain kalau gue sering masak (tapi gak tahu sih kalau setelahnya ngomongin dibelakang WKWK atau mungkin yah, itu cara dia diemin gue tapi malah guenya gak peka-peka anjir! LOL). Terus gue juga malah belajar banyak kan tentang masak-memasak sebagai bekal menjadi suameee idaman tea~ Dan intinya sekarang mah gue ngerasa lebih sehat karena gue sendiri yang atur pola makan termasuk apa yang gue konsumsi.

Gue sekarang paham kalo emang bener sih prinsip yang Bang Raditya Dika bilang ‘bout gimana cara ngatur duit it’s TRULY WORKS, tapi emang guenya aja yang waktu itu keliru dalam memahami sehingga jatuhnya gue malah kaya pelit ke diri sendiri. Gue emang harus hemat, tapi gue juga harus sehat. Jadinya sekarang gue pikir gue harus bener ngatur keuangannya dengan cara bukan cuma berhemat, TAPI JUGA MENCATAT! serta make sure jiwa & raga gue sehat. Selama setahun kebelakang gue sama sekali gak catat pengeluaran, dan progresnya bulan kemarin gue mulai catat semua pengeluaran apapun itu setiap hari biar gue bisa tahu & pegang kendali dari mana uang gue masuk dan kemana uang gue keluar. Kabar baiknya juga ternyata dari gue masak sendiri pengeluaran gue gak yang mbengkak banget, bahkan untuk sekali masak satu menu, total cost for ingredients dkk gue bisa bilang masih lebih terjangkau dibanding kalau gue pesan makanan or even cheaper than your cup of coffe upsss~

Terkait rewards, Alhamdulillah gue tetap rutin saying THANKS TO MY SELF-I LOVE MY SELF AND I DON’T NEED ANYBODY ELSE HEYY!  (gue coret karena itumah lagu hahaha). Sedangkan untuk reward yang bentuknya kaya barang gue juga mulai pertimbangin lagi karena gue juga dalam proses untuk terapin prinsip hidup minimalist dan gue sekarang coba kasih rewards yang sifatnya experience kaya traveling/ikut lomba-lomba ke luar negeri (kalo bisa yang GRATIS/FULLY FUNDED). At least but not last dari pelajaran hidup ini, berikut pesan dari gue:

“Baiknya rutin bilang terima kasih dan maaf ke diri sendiri sebagai apresiasi/reward. Inget ya, hemat itu keren! tapi kalau keterlaluan & buat kamu pelit sama diri sendiri mah gak sehat. Yuk perbaiki lagi mindset, hemat & sehat itu harus beriringan, mumpung masih di akhir tahun nih, belum di akhir hayat. Semangat!”







Related Articles

1 Comment:


  1. Thanks infonya. Oiya, ngomongin hemat, saya juga nemuin artikel keren nih yang ngebahas tentang cara mudah agar bisa hidup hemat. Cek langsung di sini ya: Mindset yang harus kamu miliki kalau mau hidup hemat

    ReplyDelete

Please comment here, Thanks ^^

Every Day's

Allah Dulu, Allah Lagi, Allah Terus. Always be #positive and Salute! ^^

Translate

Ads Day's